twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

2030, Indonesia: 5 Ekonomi Terbesar Dunia |


Yayasan Indonesia Forum memproyeksikan Indonesia akan menjadi bagian dari lima besar kekuatan ekonomi dunia dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 18 ribu pada 2030. Yayasan juga memproyeksikan, 30 perusahaan Indonesia akan masuk daftar Fortune 500 companies.

“Itu cita-cita maha besar," tutur Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara pemaparan Visi Indonesia 2030 oleh Yayasan Indonesia Forum yang diketuai pengusaha Chairul Tanjung dengan para pembina Yayasan beberapa menteri ekonomi Kabinet Indonesia Bersatu, di Istana Negara. Presiden mengakui, kebangkitan bangsa Indonesia agak terlambat meski di abad 19, ekonomi Indonesia sudah berintegrasi dengan ekonomi kawasan dan dunia. Namun, ia yakin di abad 21 Indonesia dapat mencapai cita-citanya karena Indonesia selalu dapat mengatasi persoalan bangsa dan telah teruji dalam sejarah. “Bangsa besar adalah bangsa yang bisa mewujudkan mimpinya.”


Meski tidak bermaksud membandingkan, Presiden mengatakan, pemerintah juga telah memiliki rencana pembangunan nasional 2005-2025 yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2007. UU itu menetapkan delapan langkah pembangunan di antaranya masyarakat yang bermoral, berbudaya dan beradab, masyarakat demokratis berbasis hukum, Indoensia yang aman,damai dan bersatu, pemerataan pembangunan yang berkeadilan, Indonesia asri dan lestari.

“Kuncinya adalah komitmen pemimpin nasional dan konsistensi kesinambungan dalam pembangunan 5 tahunan serta keberfihakan yang kuat terhadap rakyat,” tutur Presiden. Dalam presentasinya, Yayasan Indonesia Forum mengatakan bahwa Indonesia yang saat ini masuk negara berpendapatan menengah bawah (lower middle income) akan mempertahankan posisinya hingga 2015. Namun selanjutnya Indonesia akan masuk sebagai negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income) dengan asumsi pertumbuhan ekonomi riil 7,62 persen per tahun, laju inflasi rata-rata 4,95 persen per tahun, pertumbuhan penduduk rata-rata 1,12 persen per tahun. Kemudian pada 2030 memiliki pendapatan per kapita US$ 18 ribu. Dengan jumlah penduduk 285 jiwa, pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai US$ 5,1 triliun dan Indonesia masuk dalam 5 besar perekonomian dunia.

Perekonomian nasional akan dimotori sektor jasa yang akan mencapai momentumnya pada 2020 dan tumbuh lebih cepat dari sektor industri. Pada 2025, kontribusi sektor jasa dalam GDP akan mengungguli sektor industri. “Proyeksi itu bukan tanpa perhitungan. Saya melihat Presiden justru sangat yakin meski kondisi masyarakat kita kurang mendukung. Kalau bercita-cita saja tidak berani, bagaimana mau maju,” tegas Chairul Tanjung dalam konferensi pers di samping Istana Negara (tempo)

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini...!!

 
back to top