twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Best Mega Proyek Indonesia |


Ternyata dari segi infrastruktur Indonesia tidak mau kalah coy dengan negara-negara maju dunia. Beberapa waktu yang lalu Indonesia telah meresmikan jembatan Suramadu. Tak lama lagi Trans Studio akan diresmikan. Dan masih banyak proyek lainnya yang tidak ketinggalan megahnya. Disini saya akan mengulas beberapa proyek Super Mega yang akan dibangun Indonesia. Ni Coy... ulasannya:

1. Jembatan Sunda




Jembatan Sunda adalah jembatan yang rencananya menghubungkan dua pulau, yaitu pulau Jawa dan pulau Sumatera. Beberapa waktu lalu proposal pembangunan jembatan ini telah ditandatangani oleh presiden.


Jembatan yang disponsori oleh Artha Graha Group ini rencananya akan mulai dibangun awal tahun depan dan diperkirakan selesai pada tahun 2025 dan menghabiskan kurang lebih 120 triliun rupiah (WOW).


Jika lancar-lancar saja dan berhasil dibangun, maka jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia dengan panjang 32Km dan lebar 60M. (kalau sudah jadi ada kemungkinan jembatan ini bisa masuk ke salah satu keajaiban dunia).


2. Jembatan Suramadu


Jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura ini merupakan jembatan terbesar dan terpanjang yang dimiliki Indonesia sekarang. Jembatan ini baru saja diresmikan beberapa waktu yang lalu (tepatnya 10 Juni 2009 kemaren) oleh Bp. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Jembatan ini memiliki panjang 5,4 Km dan dilaporkan telah menghabiskan dana sebesar 5 Triliun Rupiah. (Megah juga ya!!)


3. Trans Studio Theme Park




Studio Trans Theme Park yang bertempat di Makasar ini boleh dibilang Disneylandnya Indonesia. Theme Park yang berkelas dunia ini rencananya akan diresmikan pembangunannya minggu ini dan disiarkan langsung oleh stasiun Trans Corp.


Diperkirakan tahun 2010 Theme Park ini akan rampung dibuat. Theme Park yang mengadopsi Disneyland dan Universal Studio ini memiliki bermacam-macam wahana dan fasilitas seperti Mall, Hotel, Studio, Restoran, Pelabuhan, dll.


Bahkan menurut yang saya baca Theme Park ini akan menjadi Theme Park Indoor yang terbesar didunia. Hebat!!!


4. Proyek Universitas Indonesia




Proyek yang direncanakan oleh Universitas terbesar di Indonesia ini tak tanggung-tanggung. Gedung perpustakaan UI ini rencananya akan dirombak menjadi perpustakaan termodern, terbesar, terindah, dan teramah didunia. Disebut teramah karena perpustakaan ini rencananya akan menggunakan tenaga dari energi matahari dan merupakan area bebas rokok. Rencananya proyek ini akan selesai pada tahun 2010 (kita tunggu saja).


Tak kalah menariknya, selain membangun perpustakaan no wahid dunia UI juga bermaksud untuk membangun Stasiun Kereta Api bawah tanah yang menghubungkan kampus dengan perpustakaan megah tersebut.


Kalau dilihat dari proyek2 diatas, jika berhasil maka Indonesia akan menjadi pembicaraan hangat dunia dan mata dunia akan tertuju ke Indonesia.


Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata masih ada beberapa proyek pembangunan Indonesia yang terbilang berkelas dunia. Jika rencana pembangunan ini berjalan lancar tanpa kendala, maka Indonesia, khususnya Jakarta akan menjadi kota bertaraf dunia yang tidak kalah dengan tokyo, dll.

Berikut proyek-proyek yang rencananya akan dibangun beberapa tahun kedepan

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan taman wisata seni yang menjadi pusat kesenian Jakarta dan berada di jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Dalam rangka membangun kota Jakarta dengan tema penghijauan, maka Pemerintah dan Lembaga Arsitektur Indonesia DKI Jakarta mengadakan lomba menciptakan model TIM yang baru. Dalam petisi itu Andra Matin keluar sebagai pemenang desain terbaik. Desain itu rencananya akan segera dibangun dan direalisasikan. Menurut sumber yang saya dapat desain TIM yang baru ini akan dijalankan pada Maret 2009 dan selesai pada Maret 2010.

Berikut foto-fotonya.






Regatta

Kata 'Regatta' berarti kapal layar dan mercusuar. So, sesuai dengan namanya 'regatta' adalah proyek yang bertemakan laut (rada ga nyambung ^^).

Dibuat oleh arsitek 'WS Atkins' yang juga dirancang Burj Al Arab di Dubai, Regatta The Icon terdiri dari 10 menara apartemen, hotel, Aqua Park dan Service Apartment di tanah dari 11 hektar. Dengan pemandangan menghadap ke Laut Jawa, perumahan eksklusif tepi pantai Regatta menawarkan konsep hidup.

Proyek megah ini dikabarkan akan menjadi ikon barunya Indonesia, seperti halnya patung liberty (AS), tembok china (cina), piramid (mesir), dsb. Ikon baru ini merupakan hasil kolaborasi antara PT Dharmala Intiland dan PT Global Ekabuana, dan direncanakan untuk segera dibuat dalam waktu dekat.




Area 24 dan Menara Sahid Perdana

Area 24 merupakan proyek menara (apartemen) yang bermaksud untuk menggabungkan tempat tinggal, kantor (tempat kerja), dan tempat berbelanja. Sama seperti agung sedayu group atau group2 lainnya yang telah duluan membangun menara berkonsep seperti ini, Area 24 berlokasikan ditempat yang strategis.

Terletak berdekatan dengan persimpangan bisnis dan kegiatan komersial, di sepanjang garis perifer Jakarta Pusat dan distrik pemukiman komersial di Jakarta Selatan.Terdiri dari 558 unit, 49.396 meter persegi ruang kantor dan 7.316 meter persegi kegiatan komersial di lantai dasar.

Berikut rancangan desainnya.



Tak kalah dengan area 24, proyek yang satu ini sekilas meniru menara petronas di kuala lumpur, singapur.

Menara yang satu ini direncanakan dibangun dengan berlokasi di Sahid City Superblok di jantung kota Distrik bisnis utama, terdiri dari dua menara utama: 50 lantai hotel bintang lima dan sebuah gedung kantor berlantai 45.

Jika rampung menara ini mungkin akan menjadi salah satu icon Jakarta. Secara garis besar menara ini diperuntukan untuk perkantoran, tetapi tetap saja jika melihat dari desainnya yang "wah' menara ini akan menjadi objek foto yang indah.






courtesy fm: http://rensenpelawi.blogspot.com/2009/09/mega-proyek-indonesia-berlevel-dunia.html and http://rensenpelawi.blogspot.com/2009/09/mega-proyek-indonesia-berlevel-dunia_20.html

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini...!!

 
back to top